Minggu, 08 Juli 2012

Bocoran mengenai Blackberry 10 seri N dan seri L telah beredar

Di tengah kabar tidak sedap mengenai laba Research In Motion yang turun drastis serta di ambang kebangkrutan, RIM masih ingin terus eksis dan meluncurkan produk-produk baru. Bahkan sempat tersiar kabar bahwa perusahaan produsen Blackberry ini akan membagi perusahaannya menjadi dua, yakni RIM untuk messaging dan RIM untuk hardware, lalu kemungkinan akan menjual bagian hardware ke perusahaan lain. Namun berita kali ini tidak ada hubungannya dengan pemisahan RIM menjadi dua bagian. Kabar ini adalah tentang bocoran bahwa Research In Motion (RIM) dalam waktu dekat akan meluncurkan handphone Blackberry terbaru dengan sistem operasi Blackberry OS 10. Dilansir dalam bocoran tersebut bahwa Blackberry OS 10 akan menggunakan desain layar sentuh penuh tanpa keypad QWERTY fisik. Bahkan kini muncul bocoran gambar terbaru dari dua handphone Blackberry tersebut yakni N Series dan L Series. 


Dikutip bahwa handphone Blackberry seri L merupakan BB yang terbaru dengan dukungan layar sentuh penuh, sedangkan Blackberry seri N masih akan menggunakan keypad QWERTY pada desainnya. Blackberry seri L akan menggunakan layar sebesar 55 mm pada diagonal dan tampil dengan resolusi lumayan besar yakni 768×1280 piksel dengan densitas sekita 356 dpi. Sedangkan untk Blackberry seri N, akan menggunakan layar berbentuk persegi yang diperkirakan meiliki lebar antara 52 hingga 53 mm dengan resolusi 720×720 piksel. Teknologi layar yang akan digunakan pada kedua Blackberry ini adalah berjenis OLED yang merupakan teknologi terbaru dan terbaik kedua setelah AMOLED.


RIM berharap dengan memunculkan dua seri terbaru ini mereka akan terbantu untuk bersaingan dengan smartphone berjenis Android atau iPhone milik Apple. RIM pun melansir bahwa teknologi tampilan yang dimiliki oleh Blackberry seri L lebih baik daripada teknologi retina display yang ada pada iPhone 4 dan iPhone 4S. Namun sepertinya teknologi layar saja tidak akan cukup jika tidak dibarengi dengan fitur yang lebih komplit dan harga yang kompetitif. Blackberry memang sudah terkenal mahal. Blackberry juga memiliki fitur yang dibawah pesaingnya, pada harga yang sepadan, bahkan terkadang terlalu jauh. Jika RIM mampu memangkas perbedaan fitur tersebut dan memangkas harga pada Blackberry seri N dan seri L ini, maka sangat mungkin RIM akan dapat bersaing kembali dengan Android dan iPhone.
Namun semuanya kembali kepada RIM, kita sebagai konsumen hanya dapat menunggu hingga pergantian tahun untuk melihat smartphone yang satu ini dirilis ke pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar